Bogor, Dit. PBK IPB – Institut Pertanian Bogor (IPB) kali ini meresmikan Pusat Layanan Mahasiswa (Student Service Centre/SSC) pada Rabu, (30/1) di Kampus IPB Dramaga, Bogor. Pusat layanan mahasiswa yang berlokasi di belakang gedung rektorat ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang hendak mengajukan layanan kemahasiswaan seperti akademik, beasiswa, kegiatan kemahasiswaan, information and communication technologi (ICT), layanan pemakaian fasilitas dan layanan lainnya yang diperlukan oleh mahasiswa IPB.

“IPB berusaha memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada mahasiswa dan mahasiswi yang mengajukan keperluan pelayanan. Oleh karena itu, kita rombak sistemnya. Biasanya mahasiswa itu melihat bagaimana pelayanannya, kalo pelayanannya baik, pasti didoakan yang baik-baik juga,” tutur Rektor IPB University, Dr. Arif Satria.

Di SSC ini, tambah Dr. Arif, disediakan juga lounge untuk nongkrong mahasiswa sehingga mahasiswa tidak merasa jenuh dan bosan. Gedung SSC juga dilengkapi dengan kafe kopi yang menyediakan berbagai macam minuman kopi dan makanan berat maupun ringan.

Dengan diresmikannya pusat layanan mahasiswa atau SSC, pelayanan mahasiswa akan terpusat dalam satu tempat. Tidak hanya itu, ke depannya, sistem pelayanan yang akan digunakan berbasis online sehingga mahasiswa dapat mengurus berkas-berkas secara online. Berkas-berkas tersebut diunggah oleh mahasiswa melalui sistem yang sudah disediakan dan dapat memantau perkembangan berkas miliknya. Apabila berkas yang diajukan sudah jadi, mahasiswa dapat mengambil ke kantor SSC sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Dr. Arif Satria mengaku, untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, IPB akan melakukan perbaikan gedung student center. Menurutnya, gedung student center ini penting mengingat kegiatan mahasiswa IPB begitu banyak dan beragam sehingga perlu tempat yang nyaman.

Sampai saat ini, IPB sudah membangun lounge di gedung Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) dan perpustakaan. Untuk itu, mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas lounge-lounge tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ke depannya, fakultas-fakultas di IPB juga diminta untuk membangun lounge-lounge yang diperuntukkan bagi mahasiswa supaya mahasiswa bisa nyaman mengerjakan tugas-tugas akademik. (Rosyid/Zul)

Source : ipb.ac.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here