Direktorat Bisnsi dan Manajemen Aset Komersial – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria secara resmi membuka Cafe & Resto Taman Koleksi yang dikelola oleh Direktorat Bisnis dan Manajemen Aset Komersial IPB. Grand Opening Cafe & Resto yang dulunya dikenal dengan Cafe Takol ini ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita di depan pintu masuk Cafe & Resto Taman Koleksi oleh Rektor didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Erika B Laconi, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Agus Purwito, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dodik Ridho Nurrochmat, Direktur Bisnis dan Manajemen Aset Komersial, Dr. rer. nat Jaenal Efendi dan jajaran pimpinan IPB lainnya di Kampus IPB Baranangsiang, Bogor (29/7).
Dalam sambutannya Rektor IPB menyampaikan bahwa dibukanya cafe & resto ini merupakan bagian dari peran IPB dalam memajukan produk hasil Inovasi IPB.

Cafe & Resto Taman Koleksi yang baru saja di launching ini hadir dalam konsep yang beda.”Taman Koleksi atau biasanya disebut Takol ini dulu tempat nongkong mahasiswa, sehingga ada sejarah yang ingin terus dipertahankan dan terus dijaga. Konsep yang dikembangkan adalah menawarkan story behind the product,” jelas Rektor. “Kami ingin hadirkan produk lokal terutama hasil inovasi IPB. Misalnya, jahe dari inovasi atau beras hasil inovasi. Kami juga ingin promosikan diversikasi pangan. Kami juga menawarkan pengalaman baru saat makan di kafe. Ada story di kafe. Misal story bagaimana kopi yang dihasilkan para petani. Keberhasilan menyajikan story akan menimbulkan kesan tersendiri bagi konsumen,” jelasnya.

Dengan konsep baru ini, Rektor IPB berharap keuntungan Cafe & Resto Taman Koleksi dapat meningkat lima kali lipat. Target tersebut bisa dan sangat mungkin. Karena kreativitas baru yang ditawarkan. “Kita siapkan fasilitas yang diburu semua konsumen yakni wifi dan terminal listrik yang memadai. Konsumen sekarang dengan dulu beda. Sekarang kebutuhan yang utama itu pulsa, terminal atau colokan listrik dan wifi. Saya yakin dengan semangat baru, semoga hasilnya sesuai dengan target kita dengan income lima kali lipat dari sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu menurut Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof. Erika B Laconi, apa yang kita launching hari ini merupakan perjuangan panjang Tim Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan agar Cafe & Resto Takol sepenuhnya menjadi milik IPB dan didisain menjadi konsep baru berupa Cafe & Resto. “Tempat ini bisa menjadi lokasi bertemu antar mahasiswa juga alumni IPB. Di sini kami coba mengedepankan produk- produk IPB, kami pun menjual karya buku-buku dosen IPB,” ujarya. Berbagai produk kuliner yang disajikan di Cafe & Resto Taman Koleksi merupakan produk inovasi dosen, tenaga kependidikan, unit usaha penunjang, juga UKM binaan Incubie IPB. Berbagai produk makanan ringan tersebut sudah terdaftar di Direktorat Bisnis dan Manajemen Aset
Komersial IPB.

“Cafe & Resto Taman Koleksi ini akan menjadi showroom untuk memperkenalkan karya-karya baru inovasi dari dosen, tenaga kependidikan dan juga dari usaha binaan IPB. Inovasi yang dilahirkan IPB akan dikelola 100 persen oleh IPB. Tidak ada pihak ketiga yang terlibat, ini bukti kita sudah melakukan komersialisasi. Ini bukti IPB kaya inovasi dengan produk yang sudah dikomersialkan,” tambahnya.

Acara dimeriahkan dengan bazaar berbagai produk kuliner binaan IPB dan juga produk binaan Himpunan Alumni IPB dan bazaar buku dari IPB Press Publishing & Printing.

Sumber : IPB Today Edisi 58

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here