Bogor, Dit.BIMAK IPB – Menuju bisnis IPB yang terintegrasi Direktorat Bisnis dan Manajemen Aset Komersial Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka BOTANI Mart sebagai bisnis baru di tahun 2018 pada Sabtu, 24 November 2018.

Setelah kurang lebih persiapan satu setengah bulan lamanya, bisnis baru BOTANI Mart yang terletak di jalan Dramaga resmi dibuka oleh Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP. M.Si.

Acara yang dimulai dari pagi pukul 07.30 hingga pukul 09.30 berlangsung lancar. Hadir dalam acara grand opening Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP. M.Si. serta para pimpinan IPB lainnya sebagai tamu undangan.

Dalam sambutan sebagai tuan rumah Direktur Bisnis dan Manajemen Aset Komersial Dr. Jaenal Effendi, S.Ag., MA. menuturkan bahwa BOTANI Mart ini dibangun untuk menampung inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh seluruh civitas akademika di IPB. “Selain itu, BOTANI Mart juga sebagai miniatur yang mana masyarakat Jawa Barat khususnya dan Indonesia bisa melihat bahwa IPB mampu mengembangkan smart farming yang di dalamnya ada resource, ada resto, dan ada bebagai hal untuk belajar” terang Dr. Jaenal Effendi.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor 4 bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan Prof. Dr. Ir. Erika Budiarti Laconi. Dalam sambutannya beliau mendorong civitas akademika IPB untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan kreativitas untuk meneliti dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di bidang yang ditekuni IPB.

Dalam berinovasi, Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP., M.Si. menekankan bahwa IPB sudah mempunyai Serambi Botani yang di dalamnya ada inovasi makanan, kosmetik, dst. Maka dari itu beliau menjelaskan bahwa IPB perlu inovasi-inovasi yang sifatnya hidup seperti ikan, buah, bunga, dst.

“Tidak berhenti di situ saja akan tetapi dalam hal market apalagi menghadapi revolusi 4.0 ada shifting konsumen. Artinya perlu adanya aspek psikososial yang di dalamnya ada aspek experience untuk menghadapi shifting konsumen. Orang-orang milenial sekarang yang dicari adalah experience. Jadi mereka mencari sesuatu yang baru, unik yang mereka suka kemudian dia foto diupload di media sosial. Itu adalah gaya baru, tinggalkan pola pikir yang jadul (lama)” Jelas Rektor IPB yang juga mantan Dekan FEMA IPB.

BOTANI Mart secara resmi dibuka oleh Rektor IPB ditandai dengan pemotongan tumpeng dan peluncuran logo BOTANI Mart yang diterbangkan dengan balon udara.

Di akhir acara Rektor IPB dan pimpinan IPB lainnya melakukan keliling BOTANI Mart melihat produk inovasi-inovasi yang dijual. (AUN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here